Teknologi
pendidikan adalah kajian dan praktik untuk membantu proses belajar dan
meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan
sumber teknologi yang memadai.
Dalam
arti sempit teknologi pendidikan adalah media pendidikan, yakni teknologi yang digunakan
sebagai alat bantu dalam pendidikan supaya lebih efektif, efisien dan berhasil
guna.
Selain
dari definisi di atas, saya juga mengutip pengertian dari beberapa ahli yang
memberikan pendapat tentang pengertian atau definisi dari teknologi
pendidikan. Berikut perkataan menurut para ahli.
1.
(AECT) Association for
Educational Communication and Technology
Teknologi pendidikan
adalah suatu proses yang kompleks dan terpadu dengan melibatkan peralatan,
ide, prosedur, orang dan organisasi untuk menganalisis permasalahan, menemukan problem solving, melakukan evaluasi
serta mengelola pemecahan masalah yang berkaitan dengan semua aspek belajar
manusia.
2.
Tom Cutchall (1999)
Definisi menurut Cutchal
ini sama seperti definisi AECT 1994. Dia menekankan bahwa teknologi
pembelajaran merupakan penelitian dan aplikasi ilmu perilaku dan teori belajar
dengan menggunakan pendekatan sistem untuk melakukan analisis, desain,
pengembangan, implementasi, evaluasi dan pengelolaan penggunaan teknologi untuk
membantu memecahkan masalah belajar dan kinerja. Tujuan utamanya adalah
pemanfaatan teknologi (soft-technology maupun hard-technology) untuk membantu
memecahkan masalah belajar dan kinerja manusia.
Dari
banyaknya perngertian di atas dan belum lagi di masukkan pengertian dari buku
atau dari referensi yang lain. Manakah pengertian teknologi pendidikan yang
terbaik? Pertanyaan yang susah untuk dijawab. Tapi yang terpenting semua
pendapat tentang teknologi pendidikan bisa dijadikan referensi dalam belajar.
Dan yang terpenting lagi, bagaimana di semua pendidikan Indonesia sudah
memadukan teknologi dalam proses pembelajaran, sehingga jangan ada lagi
terdengar guru yang gagap teknologi.
TUJUAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Setelah
membahas tentang pengertian, sekarang akan kita ulas tantang tujuan teknologi
pendidikan itu sendiri. Jika kita telusuri secara mendalam, maka dapat di
simpulkan bahwa tujuan teknologi pendidikan secara umum adalah: untuk
memecahkan masalah belajar, untuk meningkatkan kinerja pembelajaran. Berikut
ulasannya:
#1.
Untuk memecahkan masalah belajar
Selama ini belajar adalah
sebuah masalah bagi guru dan murid. Banyak murid yang tidak bisa konsentrasi
dalam belajar, sehingga ilmu yang di sampaikan oleh guru tidak dapat dicerna
oleh murid. Belum lagi di tambah dengan kondisi ruangan yang tidak rapi
penataannya.
Di lain sisi, ada guru
yang mengalami kesulitan dalam mengajar. Sehingga ilmu pengetahuan yang ada
pada guru tidak bisa tersampaikan dengan baik kepada murid.
Dari problem diatas, maka
di harapkan dengan adanya teknologi pendidikan bisa menjawab masalah tersebut.
#2.
Untuk meningkatkan kinerja pembelajaran.
Guru
mengajar dengan menggunakan kapur memang masih bisa memberikan pemahaman kepada
murid. Tapi jika di bandingkan guru menerangkan dengan LCD Proyektor, mana yang
lebih efektif? Tentu dengan teknologi LCD Proyektor. Sebab akan banyak
pesan multimedia dan visual yang memberikan ilmu pengetahuan dan mudah di cerna
oleh murid. Seperti contoh: Guru mengajar tentang proses terjadinya hujan, maka
dengan di perlihatkan video proses terjadinya hujan, murid akan cepat menangkap ilmu pengetahuan
tersebut.
Hal
tersebut yang bisa dijadikan sebagai maksud tujuan teknologi pendidikan sebagai
meningkatkan kinerja pembelajaran. Dan mungkin dalam aspek lain masih banyak
lagi.
(M. Zulisandi Ghifari)
0 komentar:
Posting Komentar